Gambaran Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Petani Pemakaian Alat Pelindung Diri Pada Saat Penyemprotan Pestisida Di Desa Purwodadi Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu Tahun 2019

Rahmawati, Rima (2019) Gambaran Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Petani Pemakaian Alat Pelindung Diri Pada Saat Penyemprotan Pestisida Di Desa Purwodadi Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu Tahun 2019. Diploma thesis, poltekkes tanjungkarang.

[img] Text
LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (110kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tingginya dampak risiko keracunan petani terhadap paparan pestisida. Desa purwodadi merupakan daerah pertanian yang subur dan sebagian besar masyarakatnya adalah petani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan, sikap, tindakan petani pemakaian alat pelindung diri pada saat penyemprotan pestisida. Metode yang digunakan bersifat deskriptif, data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder diperoleh dari kepala desa berupa data kependudukan. Hasil penelitian diketahui bahwa sebanyak 72 responden (81.8%) mempunyai pengetahuan baik, 16 responden (18.2%) yang mempunyai pengetahuan kurang baik tentang APD, 58 responden (65.9%) tidak setuju tentang penggunaan APD, 30 responden (34.1%) setuju pada penggunaan APD, diketahui 66 responden (75%) yang tidak menggunakan APD, dan 22 responden (25%) yang menggunakan APD. Untuk itu dalam peningkatan pengetahuan, sikap, dan tindakan perlu dilakukan penyuluhan dari petugas penyuluh pertanian dan melakukan kerjasama dengan Promkes Puskesmas setempat. Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Petani Daftar bacaan : 11 (2005 – 2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Politeknik Kesehatan Tanjungkarang > Jurusan Kesehatan Lingkungan > D3 Sanitasi
Depositing User: user d3kesling
Date Deposited: 12 Dec 2019 08:50
Last Modified: 17 Dec 2019 02:58
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item View Item